Mengenai Saya

Foto saya
Aktif, Imajinatif, simple, jujur, namun sulit percaya dengan orang lain. saya humble untuk orang orang yg sudah mengenal saya. sedikit sulit bergaul dengan lingkungan baru. saya selalu percaya Tuhan selalu menyediakan apa yang saya butuhkan Tepat Pada Waktunya. meskipun hidup ini kejam, tapi roda kehidupan selalu berputar.

Perahu Kertas



Film karya Hanung Bramantyo ini merupakan sebuah kisah fiksi yang mengadopsi novel yang ditulis oleh Dee. Sebuah kisah tentang perjalanan gadis yang mencari pelabuahan terakhir untuk hatinya bersandar. Kugy , begitu ia kerap disapa, gadis belia yang gemar menulis dan memiliki segudang prestasi. Memulai pelayarannya di kota bandung untuk melanjutkan studi Sastra. Dengan diantar pacarnya, ojos, dia berangkat ke kota dimana ia akan menemukan agen neptunus. Di bandung ia disambut oleh sahabat karibnya Noni, mulai dari urusan kamar kos sampai pengiriman barang, semua sudah diselesaikan oleh Noni. Tentu saja Noni ga sendirian, Ada Eko, pacarnya, yang setia membantu Noni menyiapkan keperluan Kugy. Dengan mobil tuanya yang uring Uringan, Eko setia menemani Noni dan Kugy mengenal kota Bandung.
         
        Keenan, sodara eko yang baru pulang dari belanda. Keenan akan melanjutkan studi di Bandung. Dengan hobi melukisnya keenan menyalurkan bakatnya yang bertolak belakang dengan studi yang diambil. Dengan menggunakan radar neptunus Kugy menemukan Keenan saat menjemput di Stasiun. Padahal saat itu Eko yang notabene saudara Keenan tidak tau Keenan seperti apa karna mereka terakhir bertemu saat SD. Pertemuan dengan cara aneh yang sungguh memberi kesan tak terlupakan untuk Keenan. Kugypun seakan tidak percaya dengan jari-jari yang menjadi radar tersenyum penuh arti.
            
        Setelah kehujanan mendorong mobil Eko yang mogok, Kugy, Noni, Keenan, dan Eko, singgah di kosan Kugy. Disana Kugy dan Keenan bertukar pikiran tentang Realistis dan keinginan. Hingga akhirnya Kugy memberikan Harta Karun pemberian kakaknya kepada Keenan. Dari harta karun ini hubungan Mereka semakin dekat. Keenan mengenal Kugy melalui dongeng yang ditulis. Mereka seakan bersinergi melalui karya seni. Keenan melukis, dan Kugy menulis. Dengan gambarnya Keenan menggambarkan Dongeng yang ditulis Kugy.
            
         Hal luar biasa lagi-lagi terjadi dengan radar neptunus milik Kugy. saat main di Kosan Keenan, Kugy berhasil menebak judul lukisan yang ditunjuk keenan. Saat itu juga Keenan meminta radar neptunus dan Kugy memberikannya. Keenan mengembalikan harta karun Kugy, dongeng tulisan Kugy, dengan hadiah gambar-gambar yang menceritakan isi dari dongeng Kugy. Kugy terharu, meminta gambar-gambar yang dibuat Keenan. Dengan gambar-gambar itu Kugy merasa lebih hidup dan tidak takut lagi untuk bermimpi. Munculah rasa ingin terus bersama Keenan dan meraih mimpi-mimpi dengan ilustrasi yang Keenan buat untuknya.
            
     Kegalauan terjadi saat Keenan meliuhat Kugy  diner dengan pacarnya dari Jakarta, Ojos. Kugy memanggil Joshua dengan panggilan Ojos. Ditempat lain Kugy juga merasa meliliki perasaan yang tidak biasa untuk Keenan. Kugy berusaha menyampaikan persaan melalui buku yang dibuat sebagai hadiah ulang tahun Keenan. Tapi buku itu tidak sampai ke Keenan karna saat Kugy ingin memberikan Buku itu, ada Wanda yang menarik perhatian Keenan. Keenan merasa beruntung bertemu Wanda yang ternyata adalah anak dari pengusaha dibidang seni lukis. Nugy terabai dan begitu kecewa, kecewa dengan waktu yang menghalanginya menyampaikan kado istimewa tentang hatinya.
           
       Mulai dari saat itu Kugy menjauh, melarikan diri. Kugy memasuki dunia barunya dan mulai menulis dongeng baru. Bersama anak-anak didiknya di sekolah Alit Kugy menemukan kehidupan baru dan menjauh dari Pura-pura ninjanya. Sementara Kugy asik dengan dunia barunya, Keenan merasa kehilangan dan mencari Kugy. Bahkan demi menjaga hatinya, Kugy tidak hadir diacara ulang tahun Noni yang diadakan di rumah Wanda, Noni sangat kecewa dan mulai menjauhi Kugy.

Disutradarai oleh Hanung Bramantyo
Diperankan oleh Maudy Ayunda sebagai Kugy, Adipati Dolken sebagai Keenan, Sylvia Fully sebagai Noni dan Fauzan Smith sebagai Eko.

         Kelemahan, konflik batin yang terjadi antara Kugy dan Keenan kurang Klimaks, seakan mengambang saat Kugy menjalin asmara dengan Remi dan Keenan dengan Lude. Kesedihan yang di gambarkan saat perpisahan Kugy dan Ojos pun terasa sangat datar. Serta konflik antara Wanda dan Keenan juga tidak sampai pada titik maksimal.

       Nilai plus untuk Film ini adalah pesan tentang memperjuangkan cita-cita dan realistis. Tentang bagaimana hati sering salah saat dihadapkan dengan hubungan yang namanya persahabatan. Rasa yang tak terucapkan menjadi penilaian yang salah, mengajarkan bahwa komunikasi adalah hal paling vital untuk setiap hubungan. Sesulit apapun kondisinya kita tetap harus berusaha mengkomunikasikan dan menjelaskan masalah dengan siapapun yang berkepentingan.

0 komentar:

Posting Komentar