Mengenai Saya

Foto saya
Aktif, Imajinatif, simple, jujur, namun sulit percaya dengan orang lain. saya humble untuk orang orang yg sudah mengenal saya. sedikit sulit bergaul dengan lingkungan baru. saya selalu percaya Tuhan selalu menyediakan apa yang saya butuhkan Tepat Pada Waktunya. meskipun hidup ini kejam, tapi roda kehidupan selalu berputar.

Lagu Lagu Hati

Kuliah di Universitas Swasta sebenernya bukan hal yang bisa dibanggain. Tapi apa bisa dikata, ternyata dari sinilah gue belajar banyak tentang kehidupan. Gue engga pernah bercita-cita untuk masuk Perguruan Tinggi formal kayak begini. Tiap hari harus ngampus, punya tuntutan belajar, ngerjain tugas, sampai harus buat penulisan yang sebenernya menurut gue engga begitu berguna. Mahasiswa tingkat akhir, jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Ya, itulah kenyataan ambigu yang harus gue jalanin sekarang.
Menjadi seorang Elvin didunia yang engga gue impikan ternyata engga gampang. Butuh waktu hampir dua bulan buat ikhlasin “batal” bergabung sama salah satu universitas Negri di Jakarta. Sempet dapet panggilan buat ikut tes masuk UNJ berkat rekomendasi pelatih basket waktu SMA ternyata engga cukup buat wujutin impian gue bergabung sama Juara Basket LA Campus league ini. Padahal waktu itu gue udah dipastikan 90% diterima, selain karna rekomendasi, gue juga udah nyiapin fisik untuk tes yang hanya sekedar formalitas. Tapi apa daya, tanpa restu dari bokab, gue gak bisa bayar uang pendaftaran yang waktu itu cuma 500.000 rupiah. Kecewa, sedih, dan sakit hati, itu perasaan yang ada dan ngumpul jadi suatu amarah. Selama satu bulan gue uring-uringan, kabur-kaburan dari rumah, dan engga tegoran sama bokab.
Gue engga mikirin kuliah lagi sampe akhirnya dapet kirimin surat dari salah satu Universitas Swasta (GUNADARMA) yang katanya masuk urutan 4 univ terbaik. Surat itu diterima nyokab dan gue yang pertama kali liat apa isinya. Isinya adalah tawaran beasiswa, tapi gue nyikapi dengan biasa. Bokab yang tau itu undangan beasiswa langsung semringah. Gue diajak buat ngurus itu dan jauh-jauh dateng ke depok. Semua diurus dan selesai dalam satu hari. Dengan diurusnya pendaftaran ini gue mulai mikir males kuliah jauh-jauh. Gue mulai cari-cari info univ yang ada di Jakarta, ternyata semua udah masuk digelombang akhir pendaftaran dan biayanya udah mahal-mahal. Gak nyerah sampe situ dengan bermodalakan pemikiran yang mulai sedikit waras, gue mikir sekalipun gue harus kuliah formal dengan jurusan IPS, gue engga mau pelajaran yang terpaksa gue masukin otak nantinya cuma jadi sia-sia. Gue coba daftar dan ikut tes STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara). Gagal, itu hasil terakhir yang gue dapet dari Internet. Akhirnya gue harus pasrah juga masuk di Univ swasta. Jalan terakhir gue buat mempertahankan prestis dan pergaulan, gue coba daftar di BINUS, gue buat perjanjian sama bokab. Kalo gue lulus tes dengan grade “A”. Gue boleh masuk dan kuliah disana. Kalo dibawah itu, gue harus di Gunadarma.
Hasil tes keluar dan gue lolos dengan grade “A”. Tapi itu ternyata juga engga bisa “nyelametin” gue dari perkuliahan di Gunadarma. Selain karna bokab yang engga setuju dengan jurusan yang gue ambil (akuntansi), gue juga cukup mikir tentang biaya. Gue ngerasa sayang banget sama uang yang harus di keluarin begitu banyak buat hal “sepele” seperti KULI-AH. Karna dalam pikiran gue, nanti saat kuliah gue mau santai dan tetep MAIN BASKET. Dari situ mulai terjadi nego-nego antara gue dan bokab. Gue seolah ngotot pengen tetep di Binus berusaha mancing bokab buat ngeluarin tawaran menarik supaya gue mau di Gunadarma. Gue sebelumnya pernah minta motor baru sebagai hadiah kelulusan SMA. Dan ini yang gue pancing-pancing. Akhirnya bener, umpan gue dimakan bokab. hahahaha.. Gue sepakat dengan perjanjian kalo gue di Gunadarma akan dibeliin motor baru sesuai permintaan gue.
Masuk di perguruan tinggi yang jauh dari orang tua, harus menempuh jarak minimal satu setengah jam diperjalanan, itu udah jadi rutinitas tiap minggu bahkan tiap 3 hari sekali yang gue jalanin 3 tahun belakangan ini. Ngekost sih, tapi ternyata dikostan gak seperti yang gue bayangin waktu ngotot pengen banget ngekos. Awal cerita sih alibinya kepengen hidup mandiri, capek bolak balik Jakarta-Depok, sama sering telat kalo harus terus-terusan pulang pergi. Gak ketinggalan juga resiko kecelakaan yang harus gue hadepin tiap balik ke jakarta. Gue sempet tiga kali jatoh karna kecapean, ngantuk, dan keujanan. Bahkan yang terakhir jatohnya persis didepan Bus Trans Jakarta. Beruntung Tuhan masih ngasih gue waktu buat bertobat. hahaha Jadi ceritantanya waktu itu cuaca lagi ujan deres, dan perjalanan gue masih jauh. Karna gue pake jas ujan dan helm Full face yang bener-bener ngelindungin dari hujan, gue putusin buat gas terus pantang mandek. Sampe akhirnya gue harus lewatin Trowongan PIM yang notabene jadi satu sama jalur Trans Jakarta. Keadaan hujan deres bikin kaca helm gue berembun dan ngeganggu jarak pandang. Waktu sampe di trowongan itu, kebetulan ada Trans Jakarta yang jalan pelan banget. Gue gak tau kalo itu ternyata gara-gara banyak pengendara motor yang neduh di pinggir trowongan sampe hampir makan seperempat jalan. Gue dengan santainya nyelip itu bis dari kiri, daaann……. “braakk!” stang gue nyangkut dimotor-motor yang neduh itu. Gue jatoh persis di depan Trans Jakarta. Tanpa belas kasihan si supir neken klakson dan bikin jantung gue pengen copot. Udah tau orang jatoh bukannya ditolongin malah diklaksonin, kan goblok. Pantesan aja jadi supir. Tapi bersyukur juga sih, gue gak kenapa-kenapa. Bahkan engga lecet sedikitpun. Cuma pulstep dan rem kaki aja yang bengkok. Nah alasan-alasan klise itu yang sampe sekarang justru jadi tabu kalo ditanya “kenapa engga pulang pergi aja?”.
Gue dikosan kayak narapidana men, TV gak ada, lemari baju sekotak doang, kasur tipis yang udah melepes karna diboongin pas beli sama abang-abang lewat. Udah itu aja yang ada di kostan gue, ya paling adalah dispenser(udah rusak), kipas angin, sama laptop yang setia banget nemenin dimanapun posisi gue. Tapi kalo bicara alasan dan hiburan yang bisa bikin gue betah dikosan, engga ada men. Laptop juga isinya cuma Ms. office sama game tembak-tembakan yang engga tamat-tamat karna gue bete engga menang-menang mainin itu game. What The Fuc*!! So, dengan demikian kostan cuma jadi tempat numpang tidur aja, sama paling buat mandi kalo aernya lagi engga keruh, hahaha, abis itu aer kalo ujan langsung coklat gitu kaya iklan chocho crunch (bener gak tuh tulisan gue?). Sampe pernah gue engga mandi 3 hari gara-gara itu sanyo dikosan jebol. Amazing banget deh pokoknya itu kostan gue.
Walaupun teraniaya keadaan kayak begitu, gue gak mau nyerah #sedaaapp . Gue engga pernah lelah untuk hinggap di kostan temen buat mencari keramaian dan numpang maen PES. Jadi salah fokus sih, tapi apa boleh buat, beginilah cara anak kost bertahan hidup diperantauan. Selain numpang maen PES, nongkrong, dan nyanyi-nyanyi gak jelas. Gue juga punya aktifitas lain yang engga kalah asik dan patut dibanggain. JENG JENG!!! Jadi anak BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)! hahahahaha Bukan BEM sih tepatnya, tapi BEF. Soalnya GUNADARMA (kampus Gue) sempet punya masalah dengan BEM dan akhirnya BEM dibekukan, dan hanya menjadi BEF, Badan Eksekutif Fakultas. Punya masa jabatan satu tahun untuk mengabdi pada nusa bangsa Gunadarma #lebay, khususnya Fakultas Ekonomi, Ternyata cukup membuat gue sibuk dan jarang pulang ke rumah. Bahkan kegiatan baru ini bener-bener hampir engga ngasih gue waktu buat sekedar nongkrong sama anak-anak kelas. Padahal ini engga ada bayarannya loh, cuma sekedar organisasi kampus yang dipandang sebelah mata sama segelintir dosen, eh setengah deh, eh mayoritas deh, eh’ malah kayaknya hampir semua. Ya pokoknya gitu deh, initinya ini organisasi yang membawa nama bersar untuk kampus tapi seperti dipandang sebelah mata(emang dipandang sebelah mata) tapi gue tetep ngotot dan niat jalanin tugas-tugas gue merealisasi program kerja. Selain ikut dan aktif di BEM, gue juga aktif di organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa, atau sering disebut UKM. Gue aktif dan menjadi Pengurus di UKM Rohani Katolik, kami menyebut KMK, Keluarga Mahasiswa Katolik. Loh kok bisa? Tadi katanya BEF bener-bener nyita waktu? Iya jadi sebenernya sebelum masuk di BEF, gue udah aktif di KMK, dan waktu daftar di BEF, gue emang lagi engga jadi pengurus di KMK, cuma sekeder anggota jelata yang repot menengahi masalah kubu-kubuan di KMK. Lalu kemudian setelah setengah tahun jungkir balik di BEF, ternyata ada konflik intern yang bikin gue gak nyaman lagi di BEF dan harus hengkang dengan perlahan. Gue mundur tanpa berita, terus mulai aktif dan mulai ngubek-ngubek lagi acara KMK yang udah semakin mepet buat realisasi proker. Nah, disini nih kisah sedih, pilu, dramatis, dan mungkin seru(harapannya) dimulai.
            KMK adalah organisasi yang isinya mahasiswa mahasiswi katolik, jadi disini gue bener bener merasa nyaman untuk bergaul. Kenapa? Ya karena diluar sana, gue merasa seperti kecil dan berbeda saat gaul sama temen-temen kelas, BEF, bahkan temen tongkrongan. Apa lagi kalo udah yang namanya istirahat, mereka pada sholat dan gue belok untuk memisahkan diri, asing. Tapi bukan cuma itu sih yang bikin gue mau gabung di KMK. Dulu KMK itu bisa dibilang jadi tempat pertama sharing saat gue jatuh dan terpuruk dalam kehidupan. Mulai dari galau akut yang gak kelar kelar karena perasaan menyesal, salah dan masih cinta sama mantan. Sampai kecewa dan sedih karena di Khianati temen bisnis, sekaligus tempat sharing saat gue lagi ada konflik sama bokab. Intinya KMK selalu pas banget keberadaannya sama situasi dan kondisi gue. KMK juga jadi salah satu wadah yang menyadarkan gue untuk apa gue hidup didunia, dan bagaimana gue harus berkarya #sedaaapp. Gue bersyukurlah sempet kenal temen-temen seiman di KMK.
            Sempet juga kepikiran buat jadiin KMK itu tempat cari jodoh, hahaha ya namanya juga laki, apa lagi gue udah lama banget single. Inget yaa, single, bukan jomblo. Karna sebenernya banyak fans gue diluar sana yang menantikan cinta gue. hahahaha. Hampir 3 tahun single sejak putus sama mantan gue yang terakhir. Walaupun sebenernya sempet HTSan sih sama sahabat gue. Cukup lama gue HTSan sama sahabat gue, mungkin sekitar empat bulan. Gue lupa persisnya, tapi anggep aja segitulah ya. Gue HTSan karena emang udah lama banget sahabatan. Dari SMP udah temenan, tapi sering curhat-curhatannya sejak gue putus sama mantan gue, sebut saja Theresia(dipanggil Cia). Nah setiap kali gue galau akut, gue berusaha kontek Cia tapi nihil, dia terus menghindar. Bingung dong gue harus gimana? Yaudah gue curhatlah sama sahabat gue ini, Okta (inisial lagi). Awalnya curhat hanya sebatas smsan, dulu BB belom booming. Terus lama kelamaan jadi telponan. Yang awalnya cuma curhat biasa, lama-lama jadi gak biasa. Gue bisa curhat sampe nangis saking galaunya tentang hubungan gue sama Cia. Ya meski engga semua gue certain, tapi setidaknya tangisan itu meluapkan betapa sedih dan menyesalnya gue kehilangan Cia.
            Okta bener-bener welcome sama curhatan gue dan jadi pendengar paling setia saat itu. Sampai suatu ketika ada undangan makan dimalam tahun baru, gue diundang sobat cowo gue buat barbequean di rumahnya. Karna sobat gue ini udah punya cewe sementara gue belom, akhirnya gue ajaklah Okta buat nemenin gue dan dia mau. Dari situ kami makin akrab. Sampai akhirnya tiba waktu gue harus kehilangan semua, Cia, Bisnis, teman, dan bokab. Diwaktu yang berurutan satu persatu diambil Tuhan. Saat semua terasa udah diambil dan gak bersisa, ternyata Tuhan masih sisain beberapa hal yang bisa gue perbaiki dan gue bangun ulang dari awal. Salah satunya adalah nyokab. Tuhan kirim salah satu “hambaNya”, menyadarkan gue untuk bangkit, ngasih tau gue kalo dunia tuh belum berakhir dan hidup gue masih panjang. Dia bener-bener ngebangkitin semangat hidup gue, membawa gue bangun dari sesuatu yang gue anggap mimpi buruk. Lalu saat gue mulai sadar dan mencoba bangun, ternyata Tuhan juga sisakan sahabat gue paling deket yang berusaha mengangkat dagu gue buat menghadapi dunia yang baru. Ya, dia Okta. Wanita tangguh dan baik yang Tuhan kasih buat membantu dan menolong masa-masa sulit gue. Dan dari situlah hubungan yang awalnya masih sebatas sahabat, lambat laun menjadi lebih dari sahabat.
            Hubungan kami berjalan baik sampai akhirnya kebodohan demi kebodohan mulai gue lakukan. Tapi bukan kebodohan juga sih sebenarnya. Gue yakin hampir semua cowo akan melakukan apa yang gue lakukan. Ini lebih kepada perbedaan cara berpikir yang terlalu ekstrim buat gue dan dia. Buat dia sahabat lebih penting dari pacar, tapi buat gue pacar lebih penting dari sahabat. Dia akan menikah dengan sahabatnya, sementara gue akan menikah dengan pacar gue. Entah siapa yang egois. Mungkin gue, mungkin juga dia, atau mungkin kami berdua. Tapi kenyataannya engga ada yang mau ngalah diantara kami. Cara berpikir dia gak bisa gue terima, karena yang gue tau setiap cowo yang baik dia anggap sahabat. Walaupun mungkin gue tau persis perlakuan ke mereka engga sama kayak perlakuan dia ke gue. Tapi tetep aja pemikiran dia gak bisa gue terima. Mungkin kalian akan bilang gue bodoh, dan pasti kalian mau bilang kalo sahabat yang dia maksud adalah gue. Gue juga sempet mencoba berpikir positif kayak gitu. Tapi gue cowo, pria, lelaki, gue bukan buat dipilih dan buat bahan perbandingan. Buat gue cara dia berpikir itu ngegantungin. Dia gak percaya dan gak yakin sama gue. Jadi gue memutuskan untuk pergi dan menjauh dari dia.
            Dia atau bahkan mungkin kalian juga berpikir, “buat apa sih status kalo ujung-ujungnya putus?” Pemikiran itu engga salah. Tapi, coba pikir lebih jauh lagi. Siapa sih yang mau putus sama orang yang bener-bener udah dia sayang? Terus emangnya ada orang yang mau patah hati? Kalian yang punya pemikiran kayak Okta mesti mulai belajar buat percaya, atau mungkin kalian perlu juga belajar menerima apa adanya.  Kita bisa menilai seperti apa ke sungguhan seseorang menjalin hubungan. Bukan maksud gue buat nyuruh kalian buta karena cinta, tapi coba lebih peka. Dalam pemikian gue ada beberapahal yang bikin seseorang engga suka sama yang namanya status “pacaran”. Pertama, dia trauma karena udah sering menjalin sebuah hubungan dan ternyata harus kandas dengan kata “putus” (gagal move on). Kedua, dia terlalu nyaman dengan situasi jadi seorang sahabat karena bisa lebih jadi diri sendiri (egois). Ketiga, menganggap kalo hanya sebatas temen atau sahabat bisa tau lebih banyak tentang rahasia-rahasia dan sifat jelek (engga pernah percaya). Keempat, menganggap kalo status pacaran akan menibulkan aturan-aturan yang bikin hubungan memburuk (semaunya sendiri). Kelima, mau milih yang paling baik dari yang terbaik (engga pernah puas). Keenam, petualang cinta yang nyaman dengan banyak cinta (PHP). Ketujuh, cuma jadi alibi buat menghindar karena yang nembak BUKAN TIPEnya (Pencitraan). Nah bener gak alasan-alasan gue itu? Munkin gue naif atau terlalu negatif thinking, Tapi gue yakin 300 persen kalo pemikiran gue engga salah.
            Beberapa temen di KMK sudah tau siapa Okta, merekapun sempat beranggapan kami pacaran, padahal nyatanya tidak seperti yang mereka pikirkan. Ya bagaimana tidak, wanita tangguh ini sempet bela-belain dateng nonton gue tanding basket disebuah kejuaraan antar kampus. Sendirian, dan naik motor. Dukung dari bangku pemain dan ngasih support sama air minum #sedaaap hahaha (kenangan). Jelas mereka yang melihat saat itu pasti menganggap kami pacaran, padahal cuma HTS. Sedih beth dah jadi gue waktu itu. Bingung kalo ditanya “dia siapa?” Gue bilang temen pada gak percaya. Tapi kalo gue bilang pacar, kami gak pernah jadian L . Nah dari kejadian itu gue semakin ngotot minta kejelasan. Mulailah terjadi pertengkaran-pertengkaran. Padahal hubungan mah udah bener-bener kayak orang pacaran. Tapi status “gak jelas”. Gue deketin cewe lain, dia bilangnya sih engga apa-apa, tapi nyatanya malah bete. Kalo gue minta kejelasan jawabannya, kita sahabatan. kan what the banget. Akhinya tiba saatnya guelah yang memang harus memutuskan hubungan apa yang semestinya harus kami jalani.
            Waktu itu gue tanya beberapa hal yang sebenernya gue udah tau apa jawabannya. Gue harus tanya lagi untuk mastiin kalo gue emang engga salah buat ambil keputusan menjauh.
Gue    : “Ta, buat kamu sahabat itu sepenting apa? pentingan sahabat atau pacar buat kamu?
Okta   : “Pentingan sahabat, sahabat gak kenal kata putus, kalo pacar? kapan aja berantem pasti bisa bilang putus, terus musuhan. Sekalipun berantem, sahabat pasti akan baikan lagi.”
Gue    : “Terus kalo kamu terpaksa harus milih sahabat atau pacar, kamu pilih yang mana?”
Okta   : “Sahabat, makanya kan aku bilang aku gak mau pacaran.”
Gue    : “Kalo kamu engga mau pacaran terus kamu nanti mau nikah sama siapa?”
Okta   : “Ya sama sahabat akulah.”
Gue    : “Sahabat? Sahabat yang mana? Bukannya setiap orang yang baik sama kamu, kamu anggep sahabat? Aku sahabat kamu bukan? David sahabat kamu? Mika? Steven?”
Okta   : “Kamu? sahabat bukan yaa? *jawab dengan nada bercanda* kamu maunya jadi apa?”
Gue    : “Jangan bercanda ta, aku serius. Kamu punya banyak sahabat. Hubungan kita udah lama kayak gini. Kamu udah mengenal aku dan aku udah mengenal kamu. Kamu tau aku mau apa. Tapi kamu selalu engga perduli.”
Okta   : “Apasih? Kok jadi marah-marah? udah ah aku gak mau bahas ini.”
Gue    : “Tapi aku mau bahas ini. Aku mau hubungan yang lebih dari sahabat. Aku capek sama hubungan yang engga jelas ini.”
Okta   : “Aku gak tau, aku belom bisa, aku gak mau pacaran. Jangan paksa aku, masih banyak yang harus diuji.”
Percakapan itu berakhir dengan kalimat “masih banyak yang harus diuji “. Gue memutuskan untuk menjauh dan mengakhiri hubungan yang engga jelas itu. Dua batu yang keras yang saling berbenturan tidak akan pernah bisa jadi satu, yang ada keduanya malah tidak bermanfaat dan hanya jadi serpihan tidak berguna. Jadi lebih baik dua batu ini tidak saling bertemu dan tidak saling berbenturan lagi. Gue udah terlanjur menyayangi dia, meskipun terkadang memang harus gue akui kalo sesekali Cia masih sering singgah diotak gue. Tapi seharusnya dia sadar kalo perjuangan gue untuk meyakinkan dia dan bokab nyokabnya itu bukan perjuangan sehari dua hari. Bukan cuma perjuangan dengan seember keringat. Dia udah mengenal gue dan begitu juga sebaliknya. Seharusnya apa yang gue lakuin udah cukup meyakinkan dia kalo gue sungguh-sungguh. Tapi ya mau gimana lagi, dia justru bilang “masih banyak yang harus diuji”. Emang nya UAS, uas aja engga sampe keringetan ngerjainnya. Ini bahkan sampe air mata gue pun engga cukup meyakinkan dia kalo gue serius mau jadi lelaki terbaik buat dia #sedaappp hahahaha ooke, FIX! Kami selesai dan gue GALAU (LAGI).
Dari sana gue memutuskan untuk tidak akan lagi mengejar wanita terlalu serius dan tidak akan lagi mencintai terlalu dalam. Karna ibarat menyelam, makin dalam kita turun maka makin sesak rasa didada. Malah kalo kelamaan bisa mati. Dan gue gak mau mati karena cinta. Masih banyak yang bisa gue buat selain mengejar cinta yang mulai gue rasa tabu. lalu gue pikir cinta cuma ada di negri dongeng. Rahang ini rasanya semakin sulit mengucap kata “CINTA” sejak kejadian itu. Dramatis. Tapi engga juga deh, biasa aja. Gue cukup belajar banyak sih dari wanita hebat ini. Lumayanlah buat nambah-nambahin pengalaman. Kalo cinta itu memang harus dikejar, tapi seperlunya aja. apapun yang berlebihan itu pasti gak baik endingnya.
            Kurang lebih 4 bulan dari berakhirnya hubungan itu, KMK mulai masuk ke program kerja pertamanya diperiode yang baru, periode 2013/2014. Nah diperiode ini, gue udah engga jadi anak BEF lagi. Selain karena memang masa jabatan udah abis, tapi juga karena ada perubahan AD/ART yang mengatur kalo periode ini dan selanjutnya, mahasiswa/i tingkat akhir engga boleh lagi terlibat dalam kepengurusan BEF. So, diperiode ini gue mencoba karir baru. Jadi asisten Laboratorium. hahahaha #sombong. “Gelar” yang satu ini menurut gue dan semua orang yang tau kehidupan dunia kampus adalah puncak karir dibangku perguruan tinggi. Apalagi sebenernya gue sebelum ini sempet ditolak dua kali didua lab berbeda. Trus di tahun 2012/2013 kemaren bertepatan dengan setengah tahun pengabdian di BEF, gue di terima jadi asisten Lab yang notabene, lab tempat gue bernaung kali ini adalah Lab paling Top se-Gunadarma, sebut saja inisialnya LePMA. hahaha Sebuah lembaga pengembangan milik kampus yang tugasnya memberi pelatihan untuk calon-calon Sarjana di Gunadarma.
Balik lagi ke KMK nih, tadi tuh sebenernya gue cuma mau bilang kalo diperiode 13/14 ini gue punya dua kegiatan di kampus yang lumayan menyita waktu juga. Jadi Asisten Lab dan Koordinator Presidium KMK Gunadarma. Presidium itu adalah sekumpulan orang yang mengawasi dan memberikan saran kepada Pengurus terutama ketua dalam menjalankan tugasnya memimpin serta melaksanakan proker. Gue cukup tegas dan keras dalam berpendapat dan kritik. orang bilang mungkin justru terlalu sibuk dan repot mengurusi hal yang seharusnya engga perlu gue urusin. Tapi mau gimana, walaupun Cuma presidium, gue juga punya visi misi. Lagi pula visi misi gue engga melenceng dari jalan-jalan kebaikan kok. hehehe
            Program pertama diperiode ini adalah Retreat. Dan entah karna memang alasannya adalah gue sebagai presidium atau memang karna gue terlihat terlalu sibuk ngajar, gue engga dilibatkan dalam kepanitiaan. Panitia butuh dana yang sangat banyak. Puluhan juta, dan entah itu mau nyari kemana. Padahal selama ini kas KMK “seret” plus engga pernah ada sejenis iuran yang dikumpulin untuk sekedar menjaga kesehatan financial KMK. Kebayang gak ada sebuah rencana acara dengan kebutuhan dana hingga puluhan juta, tapi harus diawali dengan modal NOL rupiah? Pastinya bikin mumet banget kan? Nah untuk itulah dibentuk kepanitiaan yang namanya Danus (dana dan usaha). Disini nih awal kisah cinta FTV gue dimulai. Panitia sebenernya engga mulai dengan 0 rupiah sih. Tapi mereka udah punya modal Rp 2.000.000,- dari pemberian kepanitiaan retreat tahun lalu. Meskipun begitu ya tetep aja kekurangan dana masih banyak pake banget.
            Seperti biasa, untuk membahas bagaimana konsep acara dan kemana harus mencari dana, diadakanlah rapat perdana. Waktu itu rapatnya di sekret Wisma Sahabat Yesus. Kebetulan waktu itu gue ada disitu, lupa gue dalam rangka apa. Yang jelas dulu tuh gue masih sering main ke wisma karna belum ada masalah. Meskipun ada beberapa “manusia” yang Fak banget, tapi waktu itu gue masih bodo amat. Rapat dimulai dan gue di luar. Eh iya gue inget. waktu itu gue juga rapat perdana presidium. Gue rapat untuk menentukan siapa dua orang lagi yang mau diangkat jadi presidium. Dan waktu itu juga gue dipilih jadi Koordinator Presidium.
            Panitia retreat masih rapat dan presidium sudah selesai. Tapi karena memang gue masih mau main, dan wifian, jadi gue stay sambil nunggu rapat selesai. Bete dengan aktifitas di luar, akhirnya gue mutusin buat masuk, ngerecokin rapat. “Greek…” Gue buka pintu dan nimbrung dirapat. Terlihat banyak muka-muka baru. Ada beberapa yang udah gue kenal dan ada muka-muka yang memang masih baru pertama gue liat. Ada nih satu cewe yang keliatannya beda banget gitu pas gue liat. Gue bener-bener baru sekali itu liat dia. Kesan pertama waktu gue ngeliat dia itu, hemmmm “menarik”. Tapi gue gatau dia siapa namanya, pikir gue pasti maba nih. Gue gak nanya langsung karena memang masih rapat dan saat itu kan memang masih pertama kali liat, jadi ya buat gue biasa aja ah. Saat pembagian tugas buat panitia nama dia sempet disebut sih, tapi nyaru-nyaru gitu kerena gue waktu itu bercanda-canda sama temen di sebelah jadi gak begitu merhatiin. Kelewatan deh yakan momen yang pertama.
            Selesai rapat sempet papasan waktu dia keluar dan mau make sepatu. Gue ngeliat dia dari deket daaaann swiiiiinngg. maanis cooy. Agak jerawatan sih. Mungkin biasa aja, tapi kayak manis gitu, terus menarik deh pokoknya, bikin penasaran. Terus dengan gaya sotoy dan sok akrab gue berusaha kenalan.
“Halo, Elvin” sambil ngasih tangan berusaha ngajak kenalan
“Celine….” ngejawab sambil senyum
“siapa? Veline? kayak nama kakak gue hahaha” mulai sok asik
“Celine kak, cel… Celine.” memperjelas namanya
“ooh Celine. map budi, budek dikit hahahaha” mulai salting karna salah nama
“Maba ya? baru keliatan?” mulai gaya-gayaan.
“hehe… iya kak..” sambil meringis cengar-cengir, senyum.
Beeh gue suka nih jek kayaknya. Percakapan singkat dipertemuan pertama. dari situ kadar sukanya masih biasa aja, belom akut. Jadi gue gak bermanufer.
            Lama dari kejadian itu, gue engga ketemu-ketemu lagi sama Celine. Tau-tau ketemu lagi pas ngamen. Jadi kita tuh kan kekurangan dana, dan cara turun-temurun yang diwariskan adalah ngamen. Dan ternyata Celine itu bagian danus. Pas benget pass. Jadi waktu ngamen di lapo cawang itu gue ketemu dia (lagi). Beeh, rasanya kayak seneng gitu men, langsung kemampuan gue bermain gitar berasa bertambah 11 kali lipat. Udah mulai salah fokus nih di sini. Gue liatin gue liatin, ini anak kok diem aja? Tercetuslah sebuah penyataan konyol.
“Cel, diem aja dipojokan kayak gambaran, awas entar bau lagi tau tau” ngelawak, mencairkan suasana.
“Hahahaha…” anak-anak KMK yang ada saat itu tertawa, termasuk Celine.
            Kami duduk di jembatan penyebrangan sambil menunggu giliran ngamen karna sudah keduluan pengamen dan mahasiswa dari kampus lain. Sambil menunggu kami mempersiapkan lagu yang akan kami nyanyikan. Tapi dengan kreatifnya gue ambil posisi yang bisa curi-curi pandang. Hahaha padahal saat itu posisi main gitarnya lagi gak enak, tapi tetep aja usaha. Seeett, emang bener-bener pendiem ini anak. Beda! Terus gue meyakinkan diri kalo ini cuma perasaan suka biasa. Dan gue meneguhkan hati kalo dia bukan tipe gue. Jadi yaudah sebatas suka aja, gak boleh lebih.
            Yang namanya suka itu emang bahaya ya. Dari ngamen itu justru bukannya mereda, malah makin penasaran sama Celine. Rasa sukanya sekarang udah nyampur sama rasa penasaran, tapi rasa gengsi gue masih kenceng. So, masih berusaha menganggap ini hal biasa. Gak lama setelah itu, panitia rapat lagi di wisma. Gue lupa persisnya hari apa. Yang jelas abis pada dari wisma mereka ke kosan Reno. Katanya sih karna pada pengen makan Nasgem, alias Nasi Gembira. Gimana gak gembira? Nasi goreng porsi banyak dicampur indomie goreng, plus telor dan kerupuk Cuma 6000 jek. Buat anak kostan merek temen-temen gue sih itu murahnya udah tingkat dewa. Dan buat anak kostan gak penting tuh kandungan gizi, yang penting kenyang. Apalagi kelakuaan temen sepermainan gue yang satu ini, Hendra. Doi bener-bener makhluk unik dengan berbagai macam tingkahnya yang terkadang bikin jengkel, tapi itu juga yang bikin kita gak bisa nahan ketawa. Kelakuan Hendra yang super duper mega irit, bener-bener engga ada tandingan nya. Gak ada manusia irit separah Hendra yang gue temui sebelum ini, Hendralah top of the top MANUSIA IRIT.
Kalo gue gak salah inget ada sekitar 9 orang yang nyangkut di kostan Reno waktu itu, salah satunya Celine. Wow! Surprise! Gue yang emang waktu itu lagi ngantri buat gantian main smackdown, langsung mendadak girang waktu liat ada Celine. Bego sih, aneh, tapi itulah namanya perasaan. Engga bisa dikontrol seenak jidat. Nah waktu mereka semua dateng, kostan Reno yang cuma dua setengah meter kali tiga meter langsung full, bahkan over capacity. Ada beberapa orang yang harus ngalah dan nunggu di luar. Di sana waktu itu ada Kibo(panggilan), dia nih salah satu temen gue yang sempet aktif di KMK. Gue percaya pada dasarnya semua manusia itu terlahir baik, tapi dunia pergaulan yang pasti membentuk karakter dan cara bersikap membuat si Kibo jadi “Luar biasa” dalam tingkah dan omongan. Kibo pinter, over all oke lah kalo diajak bertemen. Tapi gitu, kadang suka seenaknya dan gak tanggung jawab, trus suka main cewek, ngebokeb, dan parahnya mulutnya itu kaga ada remnya. TAT TOT TAT TOT kayak suara klakson tukang roti gerobak. Ini jadi nilai minus paling parah yang sering bikin nilai plus dia hilang dalam hitungan 0,000001 detik. Ditambah lagi kebiasaan ngatain orang jelek, padahal faktanya dia itu bukan orang cakep dan bahkan bukan orang berwajah pas-pasan juga. hahahaha #you know what I mean. Tapi entah kenapa dia suka banget menghina orang “Jelek”. Dari dia gue dapet pelajaran, “Hinalah sebelum dihina. Karena sejelek-jeleknya elo, elo selalu punya kesempatan menghina.” hahahaha. Dikostan itu juga ada Boni, anak KMK yang paling pertama ngekost disitu. Boni ini karakternya sulit di tebak, agak gila, seperti suka membual, mungkin juga takeran otaknya kurang se-Ons. hahahaha Gue pernah bilang, kalo orang normal itu Tipes badannya, tapi kalo Boni tipes otaknya. Dan omongan itu ternyata melekat sampe sekarang dan jadi “label” buat Boni. Walaupun begitu, Boni tetep seorang temen yang baik dan ramah. Ya manusia engga ada yang sempurnalah ya, pasti selalu punya kekurangan dan kelebihan. Yang jadi masalah, sampe sekarang gue belum menemukan kelebihan kongkrit seorang Boni selain suka Minjem-minjemin motor dan helm.
Kostan tempat Reno dan Boni tinggal ini sebenernya bisa dibilang cukup nyaman, strategis, dan cocok banget buat nongkrong. Karena disini ada dua kamar yang bisa kita pake. Balik lagi ke waktu anak KMK nyangkut di Kostan Reno. Kalo gak salah inget, Gue, Kibo, Hendra, Celine, Mia, Jully waktu itu kebagian nunggu di luar kamar. Seperti biasa, untuk membunuh sepi gue mulai ngelawak. Sebenernya sih lawakannya itu-itu aja, tapi ya emang dasarnya lucu jadi engga pernah ngebosenin. Ditambah lagi kalo lagi duet sama Kibo. Itu lawakan jadi kece badai engga ada matinya. Bener-bener bikin ngakak mampus. Mulai dari ngebahas cerita lucu, pleset-plesetan omongan, sampe ngeceng-ngecengin Celi yang engga pernah berubah dari dulu, BAU KAKI. Topik inti sih pasti selalu Celi, tapi sesekali Hendra kebagian juga ditusuk-tusuk pake kata-kata cengan yang gak pake ayakan.
Hari itu gue bener-bener ngeliat Celine ketawa dengerin lawakan gue dan Kibo. Rasanya kayak seneng gitu pas liat dia ketawa. Akhirnya dia ketawa juga setelah sekian lama gue anggep gagu. Tapi ada kejadian bodoh yang bikin suasana langsung berubah. Gue lupa kalo dikostan itu ada makhluk gendut sejenis mamont yang suka ribet kalo ada bocah nongkrong dan berisik. Itu orang gak jelas apaan kerjaannya, yang gue denger dari Boni sih dia plokis. Tapi dimata gue dia gak lebih dari seonggok daging gak punya kerjaan. gue heran, katanya dia polisi, tapi saban hari kaga pernah gue liat dia kerja. Jendral? Gak mungkin kan jendral makan nasgem? Engga mungkin juga jendral minjem casan. Waktu gue lagi asik-asik ngelawak dan ngakak bareng anak-anak. Eh itu makhluk keluar dari kamarnya dan mencak-mencak.
“Heh, kalian tau gak ini jam berapa?! Pake otak kalo ketawa! Orang capek mau istirahat! Orang pada kerja disini! mana itu si palembang (Boni)?” Dengan gaya songongnya nyariin Boni karena dia taunya kami temen Boni.
“Ada om dikamar,.. Bon..” Saut Hendra berusaha manggil Boni. Gue diem aja, bukannya takut tapi bête. Disaat yang bersamaan Kibo dengan langkah seribunya tiba-tiba sudah ada di kamar Reno, pake celana panjang sobek-sobeknya lalu bersiap cabut dari kostan. Sementara gue diluar ngedumel, “Bego amat jadi orang, gimana caranya ketawa pake otak, anak SD juga tau ketawa mah pake mulut.” Mereka yang denger gue ngedumel, melotot sambil nahan ketawa. Si gendut yang gak sabar nunggu Boni keluar mulai teriak-teriak lagi, “Bon, dimana kau? Keluar cepat!” Emang dasar batak, Logatnya masih kayak dandanan banci taman lawang, MEDOK! kesal dengan tingkah seonggok daging jalan ini akhirnya gue nyautin juga, “iya om udah nyantai aja, ini juga mau bubar bentar lagi. cuman mau makan doang disini.” Kebetulan hari itu gue pas banget lagi pake baju dari tante gue yang tulisannya “MABES TNI”. Dengan menggunakan baju itu, keneranian gue mendadak naik ketingkat Jendral. Dan bener aja, si gendut itu akhirnya diem dan masuk lagi ke kandangnya dengan sepenggal warning, “awas kalian ribut lagi.”
            Gue kesel banget sama makhluk yang satu ini, lagaknya sok banget hebat. Dia pikir semua orang bakalan takut sama dia. Cuma modal perut gendut, badan tinggi, kulit item, muka jelek, plus logat batak medok mau nakut-nakutin gue? Sepuluh orang kayak dia sini suruh maju, gue yang mundur. hahahaha Setelah si gendut masuk, gue juga masuk ke kamar Reno. Kibo dengan muka pucetnya masih bisa ngelawak.
“Muke gile lau bor, udah rapih aje.” Gue berkomentar dengan nada nahan ketawa. Gue tau persis kibo takut. Dia pernah sekali kena semprot si gendut, digoblok-goblokin, dimonyet monyetin gara-gara parkir sembarangan. Bukan dia sih sebenarnya yang parkir sembarangan, tapi Cedi. Maksud hati cuma mau liat motor siapa yang nutupin jalan, trus karena tau ternyata motor Cedi yang nutupin jalan dan Cedinya lagi kuliah, dipindahinlah itu motor. Nah, bukannya dapet ucapan terima kasih, eh malah digoblok-goblokin sama si gendut. hahahaha Kocak abis men kalo ngebayangin ekspresi melas campur betenya Kibo. Doi balik ke kamar Yoga sambil ngedumel, “si anjin*, bukan motor gue kan itu. Dibantuin malah ngomel-ngomel! ngent**!” Gue ngakak parah deh pokoknya, terus gue bilang, “ngomong depan orangnya  bo, hahaha.” Masih dengan muka betenya doi nyaut, “takut gue win, badannya kayak kingkong, kalo badan gue kayak elu sih berani gue nyautin, gue injek lehernya!” Gue sama Boni ketawa aja ngakak denger Kibo ngedumel. Tapi sial juga sih, secara gak langsung itu koala ngatain gue kayak kingkong juga. Tapi ya begitulah Kibo.
            Sekitar lima menitan suasana mulai reda, dan si Kibo engga jadi cabut. Dia ikut makan nasgem dan kami mulai nongkrong-nongkrong lagi diluar. masih sama kayak tadi ngelawak-ngelawak gila. Tapi kali ini udah engga ngecengin Celi atau Hendra, tapi lebih ke ngomongin tingkah dia dan si gendut. Mulailah ketawa ngakak, dan setiap kita ketawa ngakak ada aja yang berusaha satsetsatset(ssst) buat ngingetin,takut kalo si gendut rewel lagi. Dengan desisan bibir monyong dan ngikutin gaya si gendut pas ngomel tadi, si Kibo mulai lawakan-lawakan gilanya, bukan makin tenang malah bikin makin gaduh. Lama-lama suasana terasa garing juga. dan mulailah kami ngobrol ke arah yang lebih serius. Ngobrolin wanita. Gue inget persis kalo malem itu kibo bilang kalo si Celine manis juga. “kreekk, jeger” berasa dilempar bom, gue langsung shock dan gak nyangka Kibo bilang gitu. Dan itu tandanya kibo bakalan buru-buru bermanufer mendahului gue. Seperti gak terima dengan pernyataan Kibo, gue ngebatin kalo ini adalah bencana buat gue. Apalagi buat Celine yang kelihatannya cewek baik. Lalu muncul rasa ingin melindungi Celine dari jerat manusia berbahanya seperti Kibo. Engga ada orang yang tau itu kecuali gue dan Hendra, kalo gak salah inget.
            Karena gue shock mendengar pernyataan Kibo. Maka gue berusaha menenangkan diri dengan cara ngelawak. Tapi apa daya, lawakan gue kali itu menjurus buat ngecengin Kibo. Semua yang ada disitu jadi ngecengin Kibo. Dan alhasil Kibo BT, ngambek. Terutama sama gue yang menjadi pelopor dimulainya bombardir ke dia. Hari itu masih biasa aja sih sebenernya. Tapi belakangan gue denger dari Hendra kalo Kibo beneran bete sama gue. Karna gue pikir itu cuma becandaan sepele dan biasa. So gue gak ambil pusing. Toh biasanya dia juga kalo ngecengin orang jauh lebih parah dari gue. Cuma bedanya waktu itu gue didukung segenap warga kmk waktu ngecengin dia. Tapi jujur boleh ngomong, gak ada maksud gue buat menjatuhkan harkat dan martabat dia di depan Celine. Orang dia aja baru ketemu Celine, mana peduli juga Celine sama dia.
            Malam itu berakhir dan mereka bubar sekitar jam sembilan. Salaman dan tos-tosan seperti biasa sampe akhirnya gue salaman yang gak biasa sama Celine. Bak pelawak yang sepik-sepikan tangannya dipegangin Celine, gue berMODUS buat ngelama-lamain salaman. Yaaaa, namanya juga usaha, sah-sah aja dong?’ hahahaha
Berselang beberapa minggu, gue baca di time line ada ucapan selamat ulang tahun ke akun yang namanya gak asing. Langsung deh stalking. Eh beneran aja itu akun Celine yang dimention Kibo. Kalah start! Itu yang muncul di otak gue. “Sialan Kibo, udah mention mentionan aja, udah follow-followan aja, bahaya!” Pikir gue sambil terpukul dengan kenyataan yang pahit #lebay. Engga pake pikir panjang gue langsung SKSD dan ikut mention, “aseeeekk, usaha aja dulu, hahaha”. Mention itu gak direspon dan ternyata mention itu juga memperburuk keadaan antara gue dan Kibo. Gue denger dari Hendra kalo ternyata Kibo emang udah bener-benr ngeGAS. Dia udah ajak Celine jalan bareng liat MU latian, dia udah nganterin Celine balik ke rumahnya di Bintaro. Udah bbman. “ya Alloh, gue ketinggalan jauh”, ngebatin dengan sungguh. Gue inget persis, langkah pertama buat mulai mengenal Celine berat banget. Selain gue harus bersaing sama temen sendiri, gue juga masih harus jaim-jaim karna disisi lain otak gue bilang, “Celine bukan tipe gue.” faaaaakk! Apa banget gak sih kelakuan gue?’ Oke, langkah pertama gue cuma bisa follow twitter dan nunggu difollback sambil memantau terus perkembangan dia dan Kibo. Gue berdoa supaya Celine disadarkan dan dibukakan mata, hati, serta pikirannya. Jangan sampe dia mau sama Kibo, jadi gue gak perlu jadi orang jahat buat bersaing sama Kibo. Sampai saat itu masih engga ada yang tau kalo gue juga kepincut sama Celine. Karena diwaktu yang sama, gue masih sering ngegalauin mantan tercinta gue Cia. Gue juga berusaha lari dari sakitnya rasa rindu dan penyesalan dengan tebar pesona kesetiap wanita yang menarik.
Celaka dan kiamat 17, ternyata dari pesona-pesona yang gue sebar ditiap tikungan. Ada cewek yang makan itu pesona. Doi telen mentah-mentah tuh gombalan-gombalan gue. Padahal menurut gue itu niatnya cuma buat menumbuhkan perasaan suka dia ke gue, bukan perasaan cinta. Gue bener-bener gak enak sama ini cewek. Takut nyakitin perasaan dia, tapi gue seneng juga sih sama keadaan ini. Berasa ganteng. Gimana kagak, inituh istilahnya gue dikejar-kejar cewek, bahkan digilai #sadaap. Muncullah niat jahat. Keluar tanduk kayak Hellboy. “ah, gue kan udah lama single, engga papalah kali nyoba dulu sama yang ini. Kali aja dapet kado-kadoan. Apa lagi doi deket, barang kali bisa bantuin beresin kosan. hahahaha” Gak pake pikir panjang dan PDKT  lama, gue tembaklah itu cewe. Motivasinya udah gak jelas, cuma iseng-iseng, nembaknya juga asal-asalan. Diterima sukur enggak yaudah. Apa kabar deh, hahaha. Gak taunya diterima cuyy. Susah sih, gue ganteng, berkarisma, pinter, gimana gak kelepek-kelepek yekan cewe yang gue gombalin.
Hubungan asal-asalan ini ternyata bikin gue salah fokus. Celine lepas dari monitor gue. Walaupun awalnya coba-coba, tapi gue masih punya hati jugalah. Gak ada pikiran gue buat maenin cewe. Tiga hari pertama hubungan masih baik dan romantis. Lima hari udah mulai abis deh bahan obrolan. Enam hari gue sibuk sendiri sama kerjaan, aktifitas kampus, lab, dan KMK. Malem itu dihari ke enam dia ngambek. Ngambek sejadi-jadinya. Gue masih mencoba sabar dan mengerti. Ngasih penjelasan kalo gue tuh engga macem-macem, emang beneran lagi sibuk aja. Oke, malem itu dia ngerti dan mulai manis lagi. Ada satu hal yang paling bikin gue risih. Dia tuh update banget di twitter tentang satatus pacaran ini. Gue ilfeel. Masih segen juga sih kalo harus keliatan Cia. Jadi gue engga mau pasang-pasang status ataupun yang sejenisnya tentang dia dan gue. Eh beneran ajaa, hari ketujuh Cia bbm, “udah punya pacar lagi ya? akhirnya. Aku seneng kamu bisa begini, jaga dia ya”. Men, itu BBM bukan bikin gue seneng malah bikin sedih akut, galau mampus, sedih PARAH. Cia tuh gak pernah hubungin gue duluan kalo gue gak hubungin dia duluan setelah kita putus. Tapi hari itu dia BBM duluan buat bilang itu. Tepukul men, keiris hati gue. Gue masih sayang banget sama dia, masih belom rela cerita gue dan dia harus berakhir. Tapi dia kenapa begini sama gue. BBM itu gue bales, “Cia, aku masih sayang sama kamu, dari dulu, sampai saat ini, perasaan aku engga pernah berubah. apa yang aku lakuin setelah putus dari kamu adalah menunggu. tapi penantian itu sia-sia, bahkan sampai saat ini. Sebenernya aku masih menunggu kamu, tapi kamu gak sedikitpun ngeliat aku. Waktu papa gak ada, kamu bilang kamu masih sayang sama aku. Sampe sekarang aku bertanya-tanya. Apa itu cuma buat menghibur aku, atau tulus dari hati kamu. Kamu perlu tau, gak ada yang bisa seperti kamu di hati aku, gak akan ada. Dan kalo kamu inget janji aku ke kamu, janji itu masih aku pegang sampai saat ini. Sampai nanti saat kamu engga butuh janji itu lagi.” Balesan panjang itu ternyata gak sedikitpun mengubah keteguhan hati Cia, dia Cuma bilang, “kamu gak boleh begitu, jangan sakitin pacar kamu, kamu harus bisa berubah. Jangan lakuin kesalahan yang sama kayak yang kamu lakuin ke aku, jaga dia baik baik.” sakit banget men dapet balesan kayak gitu. Ngambang, gue gak tau apa isi hati Cia sebenernya. Buat gue itu adalah pernyataan yang sangat nyiksa sampai sekarang. Dan setelah balesan itu, nama dia HILANG dari kontak BBM gue. Didelcont, berasa di headshoot, mata gue berkaca kaca. Saat itu gue masih di lab. Gak kuat nahan dan takut keliatan asisten yang lain, gue kabur ke toilet buat cuci muka. Abis itu jalan kebawah cari jajanan. Pengen banget ngerokok buat bikin pusing kepala trus izin pulang ke kosan buat istirahat. Tapi ternyata itu gak bisa. Kerjaan masih numpuk di lab dan gue harus kelarin.
Penderitaan gue dihari ke tujuh itu ternyata belum berakhir. Regina (pacar gue) yang dari tadi bbm nya gak gue bales-bales, pang ping pang ping terus bikin pusing. Dia baca twitt gwue yang isinya cuma “….” nanya kenapa bisa ngetwit tapi gak bisa bales BBM. Nanya apa maksud dari twit gue. Fak banget fakk’. Banyak banget nanya kayak wartawan. Bener-bener hari yang penuh dengan siksaan batin. Udah galau akut malah dibete-betein sama Gina. Masih ada lagi satu SMS yang belom gue buka, ternyata itu sms dari anak KMK yang ngasih kabar kalo bokab dari Jimmy, mantan ketua KMK, masuk rumah sakit. Dan gue diajak untuk ngejenguk. Oke, BBM Gina gue abaikan, dan gue milih bales sms trus cau ke Rumah Sakit.
Bukannya makin tenang ternyata Gina makin menjadi-jadi. Nelponin terus, dari yang tadinya power bank 3 bar, sampe sisa 1 bar. Gak kuat nahan amarah akhirnya gue bales bbm nya, “Kamu kenapa sih? Kalo aku gak bales BBM berarti emang lagi gak sempet pegang HP! Akukan udah berkali-kali jelasin! Jangan Childish deh!”
“Kamu tuh ya, BBM gak bisa bales tapi ngetweet bisa! Sibuk apasih? Ditelpon gak diangkat-angkat! Dari pagi aku bbm kamu gak satupun kamu bales? Aku ini apa kamu sih?” Gina ngamuk.
“Aku capek ya harus jelasin berkali-kali, harus ribut masalah yang sama. Kamu udah tau aktifitas aku, kegiatan aku, rutinitas aku. Kalo kamu gak mau terima aku gak bisa apa-apa, terserah kamu mau marah kek, mau ngambek, tapi inilah aku. Sekarang aku lagi di Rumah Sakit, papanya temen aku sakit keras, plis banget jangan sekarang kalo mau marah-marah.”
“Kamu capek apa lagi aku? Apa maksudnya terserah? Kamu mau putus?”
“Loh aku gak bilang mau putus, kamu yang mau putus kali? Aku sih terserah kamu, kalo kamu gak nyaman sama aku, ya kamu bebas.”
“Yaudah kalo emang kamu mau putus, jangan terserah-terserah! bilang aja kalo emang udah mau putus, gak suka sama orang childish?!”
“Aku gak bilang mau putus, aku juga gak mau putus, tapi kalo emang kamu gak nyaman sama aku, dan gak bisa terima keadaan aku, yaudah, aku juga gak bisa maksa kamu buat terus ngebatin sama kegiatan aku.”
“Ah basi, yaudah kita udahan aja, aku capek, kamu emang gak pernah sayang sama aku! Egois!”
“Yaudah kalo itu mau kamu, trimakasih untuk semuanya, maafin aku gak bisa jadi cowok sempurna buat kamu.”
Makin maksimal betenya. Dan hari itu semakin sempurna menyakitkan buat gue.
            Kami cuma sebentar di Rumah sakit, karena emang waktu itu jam besuk udah mau habis. Pulang besuk, dan waktu di hape masih nunjukin jam 20.15, ada BBM masuk. Ternyata itu BBM dari Gina. Sekilas gue baca dari luar tulisannya “Kita ini masih jadian atau engga sebenernya?...” eh pas dibuka ternyata ada buntutnya, “Kita ini masih jadian atau engga sebenernya? Kok di bio Twitter kamu masih ada nama aku?” entah apa yang ada dalam pikiran cewe satu ini, yang jelas saat itu langsung ilfeel maksimal. Gue pikir mungkin dia ngarep banget gue bilang, “Aku maunya sih masih” atau apalah sejenisnya. Tapi mungkin juga dia nanya cuma sekedar supaya gue buru-buru ngapus nama dia di bio twitter. Diantara dua pemikiran itu, gue cenderung berpikir dan memilih kalo dia itu cuma mau gue buru-buru ngapus nama dia dari bio. Karena sesuai dengan janji yang udah jadi prinsip dalam darah dan daging gue. “Gue engga akan lagi mengejar cinta terlalu jauh, engga akan terlalu berharap lagi sama wanita. Semuanya akan gue lakukan biasa saja, seperlunya.” Lalu dengan singkat dan pasti gue bales BBM itu, “Iya nanti aku apus.” Segera setelah bales BBM itu gue buka twitter dan gue ubah bio serta menghapus nama Regina. Dengan begini gue anggap selesai sudah perjalanan coba-coba gue sama Gina. Semua berakhir, biasa saja.
            Waktu kejadian itu, ada Reno yang masih bareng gue di jalan balik ke kostan. Gue cerita ke Reno tentang hubungan gue dan Gina sambil ketawa-tawa. setelah keputusan mengakhiri hubungan itu. ternyata gue merasa lucu. Hubungan itu malah gue anggap sebuah lelucon dan ajang lucu-lucuan untuk meningkatkan kadar ke gantengan gue. Reno yang denger cerita gue juga cuma ketawa dan ngomong “parah-parah” doang. So, bodo amatlah.
            Dalam masa pencarian dana retreat banyak aktifitas yang dilakukan, tapi yang paling sering adalah ngamen. Dan bisa dibilang gue lumayan sering bantuin ngamen walaupun gue bukan sebagai panitia. Kenapa? Ya salah satu motivasinya supaya bisa ketemu Celine. Bisa ngeliat Celine tuh rasanya hati adem banget. Gue sempet denger kabar kalo Kibo udah mundur dari perjuangan ngedeketin Celine. Katanya sih itu gara-gara mention gue pas Celine ulang tahun. Celine jadi tau niat Kibo dan akhirnya menjauh pelan-pelan. Kebetulan bangetkan? Gue jadi tenang denger kabar itu. Tapi itu engga serta merta bikin gue langsung beraksi. Semua masih berjalan biasa saja. Padahal sebagai pemuda penuh talenta, seharusnya gue bisa langsung ngeGAS buat deketin Celine. Tapi entah kenapa, kali ini tuh rasanya bener-bener beda. Rasa segen tuh nongol banget tiap kali gue niat deketin Celine. So, kondisinya ya masih sama, “aku diam-diam suka kamu, mencoba mendekat, mencoba mendekati hatimu.” Tiap kali pulang malem abis rapat Celine dianterin sama Reno. Sempet kepikiran kalo mungkin Reno suka juga sama Celine. Atau mungkin emang mereka saling suka dan udah deket. Gue gak bisa komentar apa-apa kalo Reno yang akhirnya deket sama Celine. Reno baik, kalem, pinter, putih, dan cina. Kebantinglah gue kalo saingan sama Reno. Mau gimana juga gue kudu ikhlas kalo emang Celine jadinya sama Reno. Apa lagi Reno sering bilang ada sms dari bidadari tiap kali dia gak ngasih pinjem BB nya. Fix, ini pasti yang dimaksud bidadari adalah Celine. Tapi ternyata buukan, Alhamdulilahh! hahahaha Setelah penyelidikan panjang, ternyata yang dibilang bidadari sama Reno bukanlah Celine, tapi Vena. Vena salah satu anak KMK juga. Cerita tentang Vena bisa dibilang lumayan lucu juga.
            Jadi dulu tuh ada skandal antara Hendra, Vena, Ana, Esy, Tina daaaaan Gue. Awalnya ada isue kedekatan Hendra dan Ana waktu lagi nyiapin acara penyambutan mahasiswa baru. Dimana ada Hendra pasti ada Ana. Iyalah, secara waktu itu si Ana jadi sekretaris Hendra dikepanitiaan. Dimoment yang bersamaan juga, ternyata Hendra baru putus sama pacarnya karna di tinggal ke luar negri. Mungkin si Ana emang suka sama Hendra, dan menurut gue itu sah-sah aja. Dan Hendra juga mungkin cuma berusaha ramah dan baik sama semua orang. eh tapi engga deh, si Hendra juga suka TP TP gak jelas kalo sama cewe. Intinya disini terjadi salah paham antara Ana dan Hendra. Ana suka sama Hendra, dan Hendra seperti ngasih harapan. Padahal sesuatu yang dinilai harapan itu menurut Hendra cuma keramahan biasa aja, cuma TP TP. Disaat yang bersamaan, Vena yang nota bene Bendahara dan udah akrab juga sama Hendra, ngenalin temen-temennya supaya Hendra gak galau mulu dan bisa insap. Temen pertama yang dideketin ke Hendra adalah Tina. Singkat cerita menurut Tina si Hendra oke dan baik, cocoklah. Disisi lain Hendra masih ngerasa biasa aja dan ternya dia tau Vena masih punya satu temen lagi anak UI. Sampai dititik ini sebenernya masalah udah mulai muncul. Ana yang tau Vena ngenalin Tina ke Hendra mulai cemburu #sedaaapp. Ana mulai BT BT sama Hendra, tapi betenya masih dalam kadar yang wajar. Gue waktu itu ada didivisi Perlengkapan, terus ngubek juga ditransport, plus harus ngehandle keamanan juga. So, harus mobile dan matic selalu. Diskandal yang dibuat Hendra ini, secara gak langsung gue ke seret. Ditengah merenggangnya hubungan ketua pelaksana dan sekertaris, semua persiapan jadi berantakan. Dan gue mulai kalang kabut buat back up. Singkat cerita gue harus terus berkominikasi sama Ana buat segala keperluan Divisi. Intensitas pertemuan gue dan Ana mulai meningkat. Mulai dari cari transport, pinjem barang, sampe jadi tim Advance gue lakonin bareng Ana. Tapi buat gue itu masih biasa. Dan gue engga sama sekali TP TP loh. Yang gue kerjain semua murni buat keberhasilan acara. Keadaan mulai tambah panas waktu Hendra ternyata ujung-ujungnya deket sama Esy (anak UI). Tina yang ngerasa ditikung sama sahabatnya sendiri mulai menjauh. Denger-denger sih Tina akhirnya jadi curhat-curhatan sama Ana karena adanya persamaan nasib. Dari curhat-curhatan itu Ana jadi semakin kecewa menjurus kesal sama yang namanya Hendra. Gue gak tau persis gimana situasinya, pastinya hubungan persahabatan antara Vena, Tina, dan Esy jadi renggang gara-gara “rebutan” Hendra. Ditambah lagi ada Ana yang jadi kesel maksimal karna menganggap Hendra mainin cewe seenaknya.
            Ditengah situasi percintaan yang engga jelas itu, gue sebenernya cuma tampil sebagai pemeran pendukung. Gue bersikap seperti engga tau apa-apa supaya bisa jadi tokoh netral yang menjaga acara tetep bisa berjalan. Berusaha jadi jembatan atara sudut Hendra dan sudut Ana. Tapi ternyata sikap gue yang netral itu menjadi daya tarik buat Ana #sedap. Gue engga sadar sih awalnya, tapi lama kelamaan berasa juga, apalagi berasa bangetnya tuh waktu mulai diceng-cengin sama Hendra. Disitu gue mulai sadar dan mau jaga jarak.
            Bodohnya, cara yang gue pake buat jaga jarak sama ana ternyata malah bikin Vena juga kepincut sama pesona gue. Gue yang biasanya ditebengin Ana pulang dari Wisma, mulai menghindar dan nongkrong-nongkrong nungguin Ana pulang. Nah waktu nongkrong-nongkrong itu, gue nongkrongnya ya sama Hendra dan Vena. Disinilah Vena mulai suka sama gue. Mirip kayak kejadian sama Ana, awalnya juga gue gak sadar kalo Vena mulai suka sama gue. Abis setiap kominikasi yang ada antara gue dan Vena, semua niatnya bener-bener cuma buat menghindar dari Ana, dan cuma buat bercanda. Sempet ada kejadian dimana Gue, Ana, Vena, dan Hendra duduk semeja buat sekedar ngobrol-ngobrol di Wisma. Disitu Ana duduk persis didepan gue dan Vena disebelah kanan gue. Ana nulis-nulis kalimat pake bahasa latin yang gue gak tau artinya. Tulisannya diulang-ulang sampe itu penuh satu halaman. “Te Amo”, gue baca dan bertanya itu apa artinya. Tapi dia diem aja dan bilang bukan apa-apa. Gak lama abis itu dia pamit pulang duluan.
            Vena ternyata tau artinya. Setelah Ana pulang Vena sama Hendra malah ngeceng-cengin gue. “Kak, itukan artinya Aku cinta kamu. kok lu o’on sih? hahaha” ledek Vena. “Cie Elvin, hahahaha” Hendra mulai engga jelas. Disitulah gue sadar kalo sekarang Ana sukanya sama gue, udah enggak sama Hendra. Dan dari saat itu gue mulai berubah jadi supir bajaj, ngeles-ngeles kalo ada si Ana. Keseringan ngelesnya itu ya pulang belakangan nunggu Ana pulang duluan, jadi dia gak minta pulang bareng.
Gue gak tau kapan persisnya Vena mulai suka sama gue. Yang jelas gue mulai sering ngobrol sama Vena sejak gue menghindar-menghindar dari Ana. Sampai akhirnya tiba waktu penyelenggaraan acara penyambutan anggota KMK yang baru. Acara waktu itu diadakan di Puncak, Mandala Wangi. Gue berangkat sebagai Advance ditemani Ana, dan Tito naik motor. Disini gue biasa aja, engga berusaha menghindar sama sekali, cuma berusaha ramah dan seolah gak terjadi apa-apa. Sepanjang jalan ngobrol dan berkominikasi biar gak garing dan gak ngantuk. Sampai akhirnya tiba di Mandala Wangi. Acara berjalan normal, wajar, dan lancar.
Malam pertama dipuncak semua terasa DINGIN BANGET. dingin sedingin-dinginnya dingin. Gue gak bawa Sleeping bag, dan selimut buat melawan dingin. Tapi dengan baiknya waktu itu Ana kasih pinjem kaos kaki dan Vena kasih pinjem Bedcover. Trus gue tidur bareng Ana dan Vena. Jangan ngeres dulu ya otaknya!’ Gue tidur paling pinggir dengan tangan terlipat yang gue selipin di ketek. Selain biar engga kedinginan, biar engga jalan-jalan aja itu tangan. Disamping gue ada Ana, baru Vena. Kami bercanda-canda sebelum akhirnya ketiduran. Dimalem ke dua, suhu terasa masih dingin banget dan gue kebagian jaga malem. Untuk membunuh dingin, gue ambil sekardus indomie dan mulai nyalain kompor buat masak. Vena yang waktu itu belom tidur juga akhirnya bangun dan bantuin masak Indomie. Diluar tenda ada Kevin yang masih ngapi unggun. Jadi indomienya dimasak langsung empat bungkus. Setelah indomie jadi ada empat orang yang akhirnya ikut makan, gue, Vena, Kevin, dan Ana yang akhirnya kebangun juga. hemmm, empat bungkus buat empat orang. Itu jelas kurang banget buat gue. Akhirnya gue suruh tuh si Ana dan Vena masak lagi #LikeABoss. Sambil nunggu 8 bungkus indomie yang lagi dimasak, gue keliling buat ngecek peserta yang belom tidur. Masuk tenda panitia buat nyabut HT yang udah penuh di cas.
Wow!! amazing! Gue liat si Hendra bisa tidur dengan santainya hanya dengan celana gunung dan baju panel tipisnya. Yang paling bikin tambah “wow” lagi, itu bocah tidur mepet banget sama pantat besarnya Mona(kakak kelas). Mona kakak kelas baik yang posturnya cukup besar. Hendra tidur dengan posisi muka mepet sama Pantat Mona, dan mereka tetap tidur pules. Engga pake pikir panjang, gue langsung ganggunin Hendra sampe akhirnya itu bocah bangun. Awalanya Hendra bt waktu tau gue gangguin. Tapi namanya udah kenal banget sama karakter gue, dia bangun dan ngikut ngapi uggun didepan tenda. Indomie jadi dan kami semua makan bareng. Keliatan muka rada gak enak waktu Ana liat Hendra. Gue sadar sih, tapi bodo amatlah, gue laper, makan aja dulu. Bak segerombolan pasukan taring babi, kami rebutan giliran makan karna itu indomie di taroh disatu panji. Jadi harus ganti-gantian. Ditambah lagi ulah Kevin yang mulai nyumpit pake ranting karna engga sabar makan pake sendok dan harus nunggu giliran. Dimulailah cara makan gaduh gak jelas yang berujug pada pemberian nama pada indomie itu, mie anarkis.
Skandal cinta bodo amat gue mulai parah diacara ini. Trus jadi makin complicated setelah acara selesai. Entah persisnya gimana, semua itu yang jelas ujung-ujungnya adalah salah paham antara Ana dan Vena. Entah memperebutkan apa dan siapa (pura-pura bego) tapi perang dingin mereka harus berujung pada mediasi yang melibatkan beberapa oknum kecuali gue. Padahal gue sadar dan berpikir seharusnya ada gue dimediasi itu. Tapi apa daya, waktu gue mau nimbrung dimediasi itu, ternyata gue justru diusir dan gak boleh masuk. Mediasi itu berujung pada menghilangnya Ana dari kepengurusan maupun aktifitas KMK. Dan gue juga jadi muak dengan oknum-oknum yang engga melibatkan gue dimediasi itu. Sepinter-pinternya orang nyimpen bangkai, pasti akan kecium juga. Persis kayak isi mediasi yang mereka sembunyiin dari gue. Lama-lama gue tau apa isi mediasi itu, dan gue MUAK sama manusia-manusia sotoy, kepo, dan fakyu itu. Mereka yang seharusnya  engga ada dimediasi itu malah sok-sokan nyelesain masalah, sementara gue yang harus klarifikasi kejadian sebenarnya justru engga boleh masuk. DAMN!
Begitulah cerita tentang Vena dan gue dimulai, tapi engga dimulai juga sih, eh tapi engga tau deh. Intinya cerita penerimaan mahasiswa baru itu lah yang jadi alasan gue kenapa cerita tentang Vena itu lucu. Kenapa malah tau-tau jadi sama Reno, gue bener-bener gak nyangka. Bukannya gak suka atau nyesel atau gimana. Cuma jadi ngerasa aneh. Yaaa, mungkin inilah yang namanya hidup. Kita gak bisa nebak apa yang akan terjadi besok, kadang juga apa yang terjadi besok itu bener-bener hal yang engga pernah terpikir. Semua mungkin terjadi dan berubah seiring berubahnya posisi jarum jam. Kecuali batrenya abis, jarum jamnya pasti gak geser-geser. Tapi hari pasti tetap berganti. So, jangan terlalu pusing-pusing bayangin hari esok. Belom tentu jugakan besok masih bisa napas.
Gue sedikit tenang karna ternyata Reno udah Fix sama Vena. Sekarang gue engga ada saingan. Jadi pejuang terakhir yang bakalan memenangkan cinta Celine. Optimis seoptimis optimisnya. Tapi walaupun optimis, gue masih bingung bagaimana cara ngedeketin Celine. Dia diemnya kebangetan. Entah dikasih makan apa sama emaknya jadi bisa diem banget gitu. Atau mungkin engga dikasih makan sama emaknya? laper, makanya diem. hahahaha yaa kalii’ Sabar dulu deh, pelan-pelan aja. Sesuatu yang terburu-buru pasti hasilnya berantakan. Ibarat turun dari angkot, kalo buru-buru pasti kejedot.
Retreat semakin deket dan gue mulai berpikiran buat batal ikut. Ini karena konsep acara yang awalnya A, tiba-tiba berubah jadi B. Intinya ada alasan yang buat gue bt abis dan ragu buat ikut. Gue baru netapin keputusan buat ikut H-1. Itupun karena gue gak enak dan kasian sama Vena yang waktu itu jadi ketua pelaksana. Pesertanya kurang banget dan gue denger dananya jadi makin minus kalo peserta gak sesuai target. Selain itu, ada juga alasan lain yang bikin gue makin mantep buat ikut. Ya, Celine. Mungkin kalo engga kerena Celine, gue bisa engga ikut juga tuh. Jangankan diretreatnya, dingamennyapun mungkin males. Celine tuh ngerubah segalanya, mengalihkan dunia gue banget banget. Diperjalanan berangkat semua standart. Engga ada manuver buat cari perhatian Celine. Gue diem-diem aja dibelakang bis. Ya paling nyanyi-nyanyi dengan suara emas karatan gue.
Setelah hampir 12 jam perjalanan, akhirnya sampe juga di Semarang. masuk penginapan sejenis Wisma, makan snack malem, beres-beres, sampe akhirnya tidur. Seperti kata orang bijak, jalanan itu engga semuanya mulus, jalan tol bandara Soekarno-Hatta yang katanya udah international airport aja masih geradakan, lobang sana lobang sini. Sama deh ini sama acara retreat, engga mulus. Konflik dimulai saat acara pertama dalam rundown digelar, senam pagi. Senam paginya garing banget menurut gue, ide yang gue sampein pas rapat gak dikerjain. Dan alhasil senam monoton turun-temurun yang buang-buang waktu tidur masih aja terjadi. Ke Bt-an pertama. Ke Bt-an berukutnya, HP di sita dan ditahan panitia, dengan alasan “kita retreat, bukan weekend. Kita mau lebih intim dengan Tuhan. Meninggalkan sementara kehidupan kita yang biasa.” Gue yang punya dua HP, cuma kasih satu untuk disita. Panitia dan Vena tau, tapi engga ada yang banyak komentar karena udah tau suasana hati gue. Dari detik itu mood gue udah engga karuan. Kesel sekesel keselnya kesel.
Apa yang gue lakuin diretreat bisa dibilang mungkin adalah pemberontakan menurut segelintir orang. Niat gue yang tadinya bisa mengenal Celine kacau. Boro-boro mau TP, diliat minus malah iya. Orang boleh anggap gue pemberontak, rusuh, atau yang lebih parah dari itu. Tapi yang gue tau, yang gue tutut bukan untuk kesenangan gue. Tapi sebuah cara bagaimana membuat retreat menarik, tidak lagi jadi ajang kadarisasi. Bukan sebuah kegiatan doa yang mencekam, tapi sebuah kegiatan memuji Tuhan dengan nyanyian gembira setulus hati. Bukan sebuah kuliah umum, melainkan pewartaan untuk kaum muda yang lebih merangkul dan enerjik. Cara yang digunakan selama ini menurut gue salah sasaran. Buktinya setelah retreat bukan malah anggota komunitas kami bertambah, tapi justru berkurang. Alasan-alasan perbedaan arah ini yang akhirnya bikin gue memberontak dan BT, bahkan sempet berencana buat batal ikut. Tapi seperti yang gue bilang tadi, ada alasan yang bikin gue akhirnya tetep ikut. Bahkan sampe harus cabut dari jadwal ngajar.
Engga semua acara bikin bete sih(untungnya). Ada satu acara ajang kreasi dimana gue ternyata bisa satu kelompok sama Celine. Kelompok kami bikin lagu untuk ajang kreasi. Sebenernya sih bukan bikin lagu. Lagu mah udah ada, itu lagu gue. Tapi liriknya aja yang diganti supaya sesuai tema. Nah, jadi bisa TP juga kan akhirnya. Buat gue TP itu engga begitu penting sih, yang paling penting itu bisa berkomunikasi langsung sama Celine. Terus bisa becanda langsung sama Celine, liat dia ketawa, menatap matanya dari deket. Huffft, Sedap parah men pokoknya. Gue jamin elo para cowo yang udah pernah suka sama cewe, pasti ngerti banget apa yang gue rasain.
Waktu pentas, biar engga ilang kenangannya, gue suruh anak dokumentasi buat ngerekam aksi kelompok gue. Selain buat kenang-kenangan, kan bisa buat gue ngeliatin Celine kalo lagi kangen akut. hahaha

bersambung…

0 komentar:

Posting Komentar